Penjelasan Blue Screen (BOD) di Windows 7

Yupz..bluescreen, semua pengguna komputer pasti sudah mengenal atau bahkan mengalami bluescreen. Tulisan ini saya posting karena saya pernah mengalami sendiri bluescreen pada OS Win7 yang saya gunakan. Awalnya memang bingung harus melakukan apa, saya coba cari tahu di internet ternyata banyak hal yang dapat menyebabkan bluescreen. Bluescreen adalah kejadian dimana hardware dan OS-nya mengalami error yang serius yang dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem komputer tersebut. Bluescreen juga dikenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Sebelum terjadi bluescreen pada OS Win7 yang saya gunakan, beberapa jam sebelumnya saya men-defrag registry dan harddisk, kemudian saya shutdown dan saat dinyalakan kembali tidak lama laptop saya mengalami bluescreen. Sampai tulisan ini saya posting, saya masih belum tahu pasti penyebab bluescreen yang saya alami. Apakah mungkin hal itu yang menyebabkan OS Win7 saya mengalami bluscreen. Pemecahan masalah yang saya ambil adalah menginstall ulang OS Win7 yang saya gunakan. Dan hal itu terjadi lagi sehari setelah saya men-defrag registry sistem. Hem..,sepertinya memang itu penyebabnya hehehe…
Pada umunya ada 10 pesan yang ditampilkan saat komputer mengalami bluescreen, berikut pesan yang ditampilkan :
  • REGISTRY_ERROR, error ini sangat jarang sekali terjadi dan terjadi karena gagal mengakses registry Windows. Masalah ini dapat diselesaikan dengan cara merestore backup yang anda punya sebelumnya
  • DIVIDE_BY_ZERO_ERROR, error ini terjadi karena ada aplikasi yang berusaha membagi variabel selain nol dengan variabel 0. Dalam matematika, jika suatu angka bukan nol dibagi nol, maka hasilnya adalah “Tidak Terdefinisikan”. Sama dengan error ini. Solusinya adalah memeriksa memory dump dari Windows kamu.
  • KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED, error ini muncul karena ada hardware yang pengaturan drivernya salah. Sangat sulit untuk membuat komputer kamu hidup kembali.
  • INVALID_PROCESS_ATTACH_ATTEMPT, error ini muncul karena pada kode bug 0×5, yang menunjukkan bahwa proses kernel mencoba untuk mengakses proses lainnya. Tidak ada cara untuk menghilangkan error ini.
  • HARDWARE_INTERRUPT_STORM, error ini muncul karena ada driver dari firmware yang sangat error mencoba untuk diinstal. Solusinya adalah dengan memakai device manager, dan uninstall driver tersebut
  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE, error ini muncul karena Windows kesusahan untuk membaca dari Harddisk kamu. Bisa juga karena driver harddisk kamu yang salah. Atau juga bisa disebabkan oleh virus, jadi jalankan Antivirus kamu
  • PFN_LIST_CORRUPT, error ini muncul karena RAM kamu rusak total. Solusinya adalah terpaksa beli RAM baru
  • MACHINE_CHECK_EXCEPTION, jika processor kamu sudah di overclocked, masalah ini dapat terjadi. Periksa juga power supply.
  • MULTIPLE_IRP_COMPLETE_REQUESTS, kode bug 0×44 yang artinya kesalahan dari driver logic. Ini bisa saja terjadi karena komputer yang sering digunakan terlalu lama. Tidak ada solusi.
  • NMI_HARDWARE_FAILURE, error ini muncul karena buruknya SIMMS. Untuk solusinya, bawa komputer kamu ke toko komputer untuk diperbaiki.
Nah, sekarang sudah tau apa penjelasan dari masing-masing pesan BSOD yang ditampilkan. Saran saya jangan sering-sering men-defrag registry atau harddisk jika memang tidak terlalu diperlukan karena dapat menyebabkan error yang serius pada sistem komputer anda.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Diharapka Memberikan Informasi Dan Feedback Yang sekiranya pantas Untuk Dibaca Ok .Kritikan Diterima Dengan Senang Hati....