Manfaat RFC

Pertama-tama tulisan ini ditujukan bagi mereka para pemula (termasuk penulis sendiri). Jika ada yang kurang silakan dikoreksi.

Banyak dari mereka para pemula (newbie) dalam internet yang masih belum mengetahui apa itu RFC. Sebenarnya apa sih RFC itu ? RFC atau Request For Comment dapat dikatakan sebagai cetakan birunya (konsep rancangan) dari jaringan yang telah digunakan di seluruh dunia (ex. protokol HTTP, telnet, ftp dan lainnya).

Kenapa begitu pentingnya ?, karena RFC itu dipakai di seluruh dunia dan telah menjadi standard penggunaan. Contoh yang paling mudah ialah sebuah protokol. Dan contoh dari protokol salah satunya ialah TCP. Sebelum menjurus lebih jauh, penulis akan menjelaskan apa itu protokol.

Protokol merupakan standar komunikasi untuk hubungan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Tanpa adanya protokol ini maka antara iMAC dan PC tidak bisa berhubungan karena perbedaan arsitektur komputer. Dimanakah letak protokol ini ?, tentu saja pada kernel tersebut. Karena sudah menjadi standard maka antar komputer dengan arsitektur yang bermacam-macam dapat saling berhubungan.

Kita kembali kepada RFC dan bagaimana cara mempelajarinya secara efisien. Terdapat suatu standarisasi dokumen untuk mendefinisikan beberapa kata yang digunakan dalam RFC (lihat RFC 2119).

MUST
Kata ini atau "REQUIRED" atau "SHALL" berarti kebutuhan akan suatu hal dari konsep HARUS ada. Artinya benar-benar harus ada.

MUST NOT
"MUST NOT" atau "SHALL NOT" menunjukkan keharusan juga sesuai dengan arti kata yang ada.

SHOULD
Kata ini memiliki persamaan dengan "RECOMMENDED", yang berarti pada suatu keadaan dapat diabaikan akan tetapi sangat disarankan untuk memahami dan memperhatikannya sebelum menggunakan jalan lain.

SHOULD NOT
Sesuai dengan artinya yakni pada suatu keadaan dapat diabaikan, akan tetapi perlu diperhatikan dengan jelas sebelum mengambil cara lain.

MAY
Kata ini memiliki persamaan dengan "OPTIONAL" yang berarti memang benar-benar optional.

Guidance (Tuntunan)
Pendefinisian, pengertian dan cara-cara serta implementasi yang harus diperhatikan dengan baik.

Security Consider
Hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam implementasi terutama yang menyangkut masalah keamanan dari konsep yang akan diterapkan.

Dengan memahami konsep yang di deskripsikan pada RFC yang ada kita dapat membuat suatu aplikasi yang dapat diterapkan sesuai dengan deskripsinya. Contoh yang pernah penulis lakukan ialah memanfaatkan RFC 1459 (Internet Relay Chat Protokol) dimana dengan ini kita dapat membuat sebuah Messenger sederhana.

Kalian dapat mencari RFC yang ada pada internet. Manfaatkanlah Search Engine yang ada (ex. Google). Penulis mendapatkan RFC-RFC yang ada dari teman. Silakan kalian mencarinya.
Jika ada yang masih kurang dan perlu ditambahkan dari keterangan ini silakan ditambahkan.
Happy Hacking guys !
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Diharapka Memberikan Informasi Dan Feedback Yang sekiranya pantas Untuk Dibaca Ok .Kritikan Diterima Dengan Senang Hati....